Filter Air Sumur Untuk Kualitas Air Lebih Sehat

Filter Air Sumur Untuk Kualitas Air Lebih Sehat. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kebutuhan air untuk hidup adalah mutlak karena fungsi organ tubuh tidak bisa berjalan dengan baik tanpa air. Oleh karena itu di setiap rumah wajib memiliki saluran atau sumber air bersih yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Tentunya sumber air bersih yang dimiliki harus memiliki kualitas yang layak karena akan digunakan untuk minum, makan, mandi, mencuci, dan sebagainya. Kualitas air yang buruk akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, bagi Anda yang sumber air bersih-nya berupa sumur, pastikan air sumur yang masuk ke dalam rumah Anda dalam kondisi yang bersih bebas kontaminasi zat berbahaya. Menggunakan filter air sumur untuk menyaring kualitas air adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kualitas air agar tetap sehat.

filter air sumur

Resiko Kontaminasi Jika Tidak Menggunakan Filter Air Sumur

Berbeda dengan air mineral atau air minum dalam kemasan, sumber air yang berasal dari sumur memiliki resiko kontaminasi zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Karena asalnya yang dari tanah, kontaminasi bisa dengan mudah terjadi karena zat-zat berbahaya misalnya karena limbah bisa masuk ke bagian dalam permukaan tanah dan mengkontaminasi sumber air bersihnya. Beberapa resiko kesehatan yang bisa terjadi akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi antara lain adalah :

*  Kram Perut
*  Mual
*  Diare
*  Tekanan Darah Tinggi
*  Gangguan Fungsi Ginjal

Kontaminasi air yang berat jika dikonsumsi bayi atau anak-anak beresiko menyebabkan sirkulasi darah kurang lancar, gangguan mental, dan gangguan perkembangan fisik.

Ciri-ciri Air Sumur Yang Terkontaminasi

Bagaimana ciri-ciri air sumur yang sudah terkontaminasi dan bahaya untuk dikonsumsi? Air yang keruh dan nampak tidak bening adalah tanda yang bisa dilihat dengan mata, kemudian air yang biasanya tidak berasa memiliki rasa yang aneh dan bau juga merupakan tanda air sudah terkontaminasi. Coba endapkan air sumur dalam wadah yang bening atau ke dalam gelas kemudian tunggu sehari atau dua hari, jika pada batas air meninggalkan noda maka air tersebut sudah terkontaminasi. Jika sudah muncul salah satu atau bahkan semua dari ciri-ciri di atas sudah saatnya untuk memasang Filter Air Sumur pada sumber air tanah Anda agar air yang diambil dari sumur bisa disaring terlebih dahulu agar zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan bisa ditinggalkan. Dengan demikian sumber air yang Anda konsumsi adalah air dengan kualitas yang layak untuk digunakan dan sehat.

Kelebihan Menggunakan Filter Air Sumur Berkualitas Baik

Baik bagi yang air sumurnya sudah terkontaminasi atau yang masih sehat-sehat saja ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan filter air sumur karena ada banyak manfaatnya. Filter air untuk sumber air yang berasal dari sumur tidak sulit pemasangannya, hanya disambungkan dengan air di dalam sumur kemudian airnya bisa Anda ambil dari hasil penyaringan, tidak perlu lagi menimba secara manual. Manfaat menggunakan penyaring air sumur antara lain adalah :

1.  Filter air bisa menyaring zat timbal yang biasa ada pada air tanah, sehingga zat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh manusia ini bisa tersaring dan tidak ikut terkonsumsi.

2.  Air yang sudah disaring akan memiliki rasa yang lebih baik karena bakteri, kuman, klorin, dan zat-zat kimia lainnya bisa tersaring sehingga rasa air lebih enak.

3.  Alat penyaring air sumur hanya menyaring kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi, sehingga kandungan mineral yang baik untuk tubuh masih ada di dalam air dan Anda pun bisa mendapatkan air minum dan masak yang lebih sehat tanpa harus mengandalkan air minum dalam kemasan.

4.  Air yang sudah disaring menggunakan filter air sumur akan lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta bayi dan anak-anak yang memiliki resiko lebih tinggi jika mengonsumsi air yang terkontaminasi.

Kualitas Filter Air Sumur Yang Baik Untuk Sumber Air Bersih Anda

Tersedia berbagai macam penyaring air untuk sumber mata air dari sumur yang bisa Anda gunakan, namun jangan pilih produk yang sembarangan. Produk penyaring air yang kualitasnya abal-abal tidak memiliki kemampuan yang lebih bagus untuk menyaring zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air sumur yang terkontaminasi. Jangan mudah tergoda dengan iming-iming harga yang murah tapi ternyata kualitasnya murahan. Berikut adalah kualitas filter air sumur yang sebaiknya Anda pilih :

*  Pilih filter air yang memiliki sertifikat standar yang jelas. SNI adalah sertifikat untuk produk yang sudah lolos uji standar nasional, sedangkan ISO adalah standar yang berlaku secara internasional.

*  Pilih filter yang sesuai dengan jenis kontaminasi yang ada pada sumur air. Misalnya filter karbon aktif cocok untuk menyaring air yang terkontaminasi oleh klorin, pestisida, timbal, maupun kandungan logam berbahaya lain.

Harga Filter Tabung FRP 10” (kapasitas media 65 kg) 2.500.000 rupiah.
Cocok untuk rumah tangga dengan konsumsi air ± 1500 L/hari (paling laku).

Harga Filter Tabung FRP 13” (kapasitas media 115 kg) 3.750.000 rupiah.
Cocok untuk rumah tangga dengan pemakian air ± 5000 L/hari, kantor dan lain-lain.

Anda juga bisa melakukan uji kualitas air di laboratorium terlebih dahulu untuk menentukan jenis filter mana yang paling cocok dengan kebutuhan.

Pastikan beli filter air sumur di tempat yang sudah terpercaya, menjual produk-produk berstandar tinggi dan bisa menyaring air dari kontaminasi zat-zat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Penyedia filter air juga biasanya menyediakan jasa pemasangan filter untuk dihubungkan dengan sumur Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir pemasangan akan membutuhkan waktu yang lama. Sediakan air minum maupun air untuk kebutuhan keluarga lainnya dengan kualitas yang terjaga demi kesehatan seluruh anggota keluarga.